Friday, January 21

Gunung Kawi


Siapa yang tak mengenal gunung Kawi...? menurut sebagian orang gunung kawi dianggap tempat yang sangat keramat, dan tempat untuk mendapatkan pesugihan. Banyak warga keturunan yang datang untuk mengunjungi Gunung tersebut.

biasanya lonjakan pengunjung terjadi pada hari jum'at legi(hari pemakaman eyang Yugo) dan tanggal 12 suro(wafat nya eyang Yugo).

Biasanya Ritual dilakukan dengan cara membakar dupa, menyembelih ayam, kambing atau sapi,dan juga bersemedi berjam-jam, berhari-hari, bahkan sampai berbulan-bulan.

Saat berada di dalam bangunan makam, pengunjung tidak boleh memikirkan sesuata yang tidak baik.pengunjung harus suci lahir dan batin sebelum berdoa.
selain pesarean terdapat pula tempat-tempat yang bnyak dikunjungi karena di keramatkan,dan mempunyai kekuatan magis, yang dipercaya dapat mendatangkan keberuntungn.
Diantaranya adalah:
1.Rumah padepokan eyang Sujo
padepokan ini pertama di kuasakan kepada pengikut terdekat eyang Sujo yaitu ki maridun.yang di dalam nya terdapat bantal dan guling yang terbuat dari batang pohon kelapa,serta tombsk pusaka semasa perang Diponegoro.

2.Guci kuno
dua buah guci ini dulu di pergunkan untuk menyimpan air suci untuk pengobatan.masyarakat menyebut nya dengan "janjam"
masyarakat percaya dengan meminum air dalam guci tersebut akan membuat awet muda.

3.Pohon dewandaru.
pohon ini terdapat diarea pemakaman.pohon ini disebut pohon dewandaru/kesabaran.pohon ini termasuk jenis cerme belanda,oleh orang Tionghoa dianggap sebagai SHian-to atau pohon Dewa.dhulu pohon ini ditanam untuk menandakan bahwa tempat di daerah sini aman.
untuk mendapatkan simbol perantara kekayan,peziarah menunggu daun, buah atau dahan yang jatuh.begitu mendapatkan nya peziarah akan membungkus dengan uang untuk dijadikan azimat.apabila harapan mereka terkabul maka mereka akan kembali untuk melakukan syukuran.
lalu siapakah sebenarnya Eyang jugo dan eyang Sujo???

No comments:

Post a Comment