Wednesday, June 15

Coban Trisula

Coban trisula terletak di desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo. tempat wisata ini memang belum setenar coban pelangi ataupun coban lain yang berada di daerah sekitar Poncokusumo. Maklum lah tempat wiata ini memang baru aja di resmikan.
.
Untuk mencapai ke Coban trisula, bisa di tempuh dngan menggunakan sepeda motor, sekitar 1 jam dari arah pasar tumpang.apabila anda menggunakan jasa ankutan umum,Dari arah Arjosari anda bisa menggunakan mikrolet jurusan TA (Tumpang-Arjosari) dan turun ke terminal tumpang. Dari arah Tumpang Anda bisa menggunakan mikrolet yang menuju arag gubuklakah, setelah itu dilanjutkan dngan naik ojek ke arah coban trisula.

Air terjun coban trisula jatuh tiga tingkat mengikuti arus sungai lajing,mungkin inilah yang menakibatkan coban tersebut dinamakan coban trisula. kebanyakan pengunjung menggunakan coban Trisula untuk tempat istirahat atau peringgahan pendaki yang pulang dari gunung Bromo. pengunjung biasanya mulai berdatangan pada akhir pekan, terlebih lagi menjelang pelaksanaan upacara Kasodoan (sedekah gunung) dan libur panjang.

selain dari kota Malang, coban trisula dapat dilalui dari arah kota Pasuruan Lumajang ataupun Probolinggo. Tarif masuk ke Coban trisula dilihat dari Status kewarganegaraan. untuk turis Asing biasa dikenakan sekitar 2 dolar dan untuk pengunjung Lokal dikenakan biaya sebesar Rp3500. Akan tetapi bagi pelajar kita akan mendapatkan potongan harga sekitar 50% dengan menunjukkan kartu pelajar.

Pemandangan yang indah dan ekotis seta jalur yang rindang dan berkelok-kelok membuat wisatawan merasa nyaman, Konsep kembali ke alam yang ditawarkan objek wisata Coban Trisula, membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat tersebut.


saat tiba di pos tempat pembelian karcis, pengunjung tidak langsung dapat menikmati indahnya Coban Trisula secara langsung,seperti di Coban ROndo. jalan setapak dan berliku-liku melewati hutan sudah siap menunggu dan tentunya hal itu mampu memompa semangat dan adrenalin. Perjalanan sekitar 15 menit menapaki jalan yang licin sepanjang 600 meter dan dikelilingi jurang, mutlak membutuhkan stamina yang tidak sedikit. Setelah setapak demi setapak menusuri jalanan licin dan berlumut, gemericik air yang jatuh dari ketinggian dengan segera mampu mengusir rasa letih akibat perjalanan jauh dan menantang.

Saat pengunjung sampai di lokasi.yang kita lihat adalah air terjun kedua yang mempunyai tiga kolam besar yang menampung aliran air dari Sungai Lajing. Air terjun kedua itu hanya setinggi 2,5 meter, namun pesona keindahan yang menyelimutinya membuat wiatawan merasa kagum atas keindahan coban trisula. Untuk bisa melihat air terjun utama, pengunjung harus mendaki bukit kecil yang ditumbuhi pepohonan tropis dengan akar-akarnya yang dapat dijadikan pegangan. Air terjun utama setinggi 35 meter tersebut tampak megah dan anggun, memecah aliran sungai menjadi butiran-butiran putih yang menyejukkan dan tertiup angin menerpa wajah pengunjung. Berbeda dengan air terjun pertama dan kedua, air terjun ketiga lebih tersembunyi letaknya, untuk mencapainya kita harus kembali menuruni bebatuan licin dan terjal, keindahan yang ditawarkan juga tak kalah menarik. Air terjun ketiga itu hanya setinggi 11 meter, namun demikian keindahannya tetap terpancar dari buih-buih yang mengalir dibawahnya.

selain Air terjun,Coban trisula juga menawarkan keindahan flora yang cukup indah.tanaman seperti pakis, anggrek dan tumbuhan epifit lain nya,menjadikan banyak peneliti yang datang untuk berkunjung ke Coban ini.
tidak ada salah nya anda datang ke coban ini.anda bisa merasakan indahnya coban tak seperti yang anda lihat sebelumnya.

No comments:

Post a Comment